Minggu, 01 November 2009

Array | Bahasa Pemrograman C

Tidak ada komentar
Dalam Bahasa Pemrograman C terdapat sebuah statement yang dapat memudahkan kita dalam membuat nilai-nilai tanpa kita harus membuat variabel-variabel yang banyak. Kita cukup menggunakan array atau larik.

Array atau yang disebut juga larik merupakan sebuah kumpulan dari nilai-nilai data dengan tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah elemen-elemen yang mempunyai tipe yang sama. Suatu array memiliki jumlah komponen yang banyaknya tetap. Banyaknya komponen dalam suatu array atau larik ditunjukkan oleh suatu indeks untuk membedakan variabel yang satu dengan variabel yang lainnya. Dalam bahasa C, index dari array dimulai dengan 0(zero).

Pada Array ini terdapat macam-macam Dimensinya, yaitu :


  • Array Dimensi Satu
  • Array Dimensi Dua
  • Array Multi Dimensi
Pengertian dan bentuk umum dari tiap-tiap dimensi array:


1. Array Dimensi satu

Sebuah Variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe yang sama dan elemennya diakses hanya dengan 1 indeks.

Bentuk Umum Pendeklarasian Array dimensi 1 :

nama_array[jumlah_elemen];

2. Array Dimensi dua

Sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe yang sama dan elemennya diakses dengan menggunakan 2 indeks, yaitu indeks baris dan indeks kolom.

Bentuk Umum Pendeklarasian Array dimensi 2 :

nama_array[jumlah_elemen_baris][jumlah_elemen_kolom]

3. Array Multi Dimensi

Sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe yang sama dan elemennya diakses dengan menggunakan indeks lebih dari 1. Array 2 dimensi termasuk kedalam array multidimensi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar