Jumat, 15 Oktober 2010

Enkripsi | Kriptografi | Pengamanan Informasi

1 komentar
Terkadang kita bingung dengan kumpulan kata-kata yang ga jelas yang diikuti dengan angka 0 atau 1. Saya pun ketika belum memulai bangku kuliah masih belum mengerti, tetapi ketika saya sudah memulai memasuki semester 5 saya mendapatkan mata kuliah yang menjelaskan apa maksud dari kumpulan kata-kata tersebut. Dan ternyata itu adalah enkripsi. OK deh ,, kita langsung aja ke permasalahannya .
Jadi, apa itu enkripsi?
Di dalam bidang kriptografi, enkripsi /encryption merupakan sebuah proses mengamankan informasi sehingga informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa adanya pengetahuan khusus. Teknik enkripsi ini sudah dilakukan pada zaman-zaman dahulu untuk mengirimkan informasi ke negara lain agar tidak diketahui oleh siapapun ketika informasi di rebut. Salah satu contohnya ialah pada zaman Julio Cesar. Di saat itu Julio Cesar menggunakan teknik substitusi, yaitu dengan mengubah huruf-huruf dari surat tersebut menjadi huruf ketiga pada alfabetis setelah huruf tersebut. Substitusi merupakan salah satu teknik dari enkripsi. Untuk lebih lanjutnya tentang pengertian dari teknik substitusi ini akan saya jelaskan pada bahasan selanjutnya. Untuk saat ini saya hanya akan menjelaskan tentang pengenalan dari enkripsi itu sendiri. Baik kita lanjutkan kembali.
Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi. Jadi, tidak sembarang orang dapat mengakses enkripsi. Di pertengahan tahun 1970-an, enkripsi kuat dimanfaatkan untuk pengamanan oleh sekretariat agen pemerintah Amerika Serikt pada domain publik, dan saat ini enkripsi telah digunakan pada sistem secara luas, seperti Internet e-commerce, jaringan Telepon bergerak dan ATM pada bank.
Untuk saat ini hanya sampai sini dulu. Selanjutnya saya akan berikan macam-macam dari enkripsi beserta contohnya.


Sumber : wikipedia

1 komentar :

  1. terkait dengan penerapan enkripsi, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2274/1/01-03-010-Penerapan%5BRangga%5D.pdf

    BalasHapus