Jumat, 09 Oktober 2009

BILANGAN PRIMA | PROGRAM COBOL

1 komentar
Kepada teman-teman, maaf saya baru memposting codingan ini sekarang karena saya baru dapat menyelesaikan program ini sehari sebelum praktek dimulai. Walaupun sudah telat, saya berharap postingan saya ini dapat bermanfaat bagi temen-temen sekalian. Mungkin untuk pembelajaran dalam kondisi maupun penghitungan aritmatika.
Ini adalah program bilangan Prima yaitu, apakah bilangan yang akan kita masukan termasuk bilangan prima atau bukan. biar lebih jelasnya lagi silahkan Anda melihat codingan dibawah ini.

IDENTIFICATION DIVISION.
PROGRAM-ID. PRIMA.
ENVIRONMENT DIVISION.
DATA DIVISION.
WORKING-STORAGE SECTION.
01 BILANGAN.
02 BIL PIC 99.
02 I PIC 99.
02 HASIL PIC 99.
02 SISA PIC 99.
SCREEN SECTION.
01 HAPUS-LAYAR.
02 BLANK SCREEN.
PROCEDURE DIVISION.
MULAI.
DISPLAY HAPUS-LAYAR.
DISPLAY 'INPUT BILANGAN INTEGER : ', ACCEPT BIL.
COMPUTE I = 2.
DIVIDE I INTO BIL GIVING HASIL REMAINDER SISA.
SELEKSI-PRIMA.
IF SISA = 0
GO TO JAWAB
ELSE
GO TO HITUNG.
JAWAB.
IF I = BIL
DISPLAY BIL, ' BILANGAN PRIMA'
ELSE
DISPLAY BIL, ' BUKAN BILANGAN PRIMA'.
HITUNG.
COMPUTE I = I + 1.
DIVIDE I INTO X GIVING HASIL REMAINDER SISA.
GO TO SELEKSI-PRIMA.
SELESAI.
STOP RUN.


Dalam program ini masih terdapat satu kekurangan yang menurut saya kekurangan ini adalah kekurangan yng perlu diperbaiki. Kekurangan tersebut adalah pada saat kita meng-input nilai 1, maka nilai 1 tersebut akan dibilang bilangan prima. Dan menurut saya, kekurangan itu adalah kekurangan yang harus diperbaiki. Oleh karena itu, saya mohon kesediaan teman-teman sekalian untuk memperbaiki program tersebut
Sayamohon harap maklum. karena saya masih kurang mengerti dalam bahasa COBOL. Oleh karena itu, saya mohon saran dari kalian untuk program ini. Terima kasih sebelumnya.Mudah-mudah postingan ini dapat membantu kegiatan belajar Anda.

1 komentar :

  1. bwt temen2 gw .. Liat aja bLog ini kLo mo ngLiat kodingan yg gag jelas dr gw ..

    BalasHapus