Sabtu, 23 November 2013

UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) || Pengertian

4 komentar
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/df/Uefi_logo.svg
UEFI atau (Unfied Extensible Firmware Interface) adalah penerus yang di tunggu - tunggu selama ini yang akan membuat hardware komputer kita lebih maksimal.Extensible Firmware Antarmuka Bersatu (UEFI) adalah spesifikasi yang mendefinisikan antarmuka perangkat lunak antara sistem operasi dan firmware platform. UEFI adalah pengganti yang lebih aman untuk antarmuka BIOS model lama firmware, hadir dalam semua komputer pribadi IBM PC yang kompatibel, yang rentan terhadap malware bootkit.

Interface yang ditampilkan oleh UEFI memiliki sistem yang lebih mirip dengan OS(operating sistem) atau tidak kuno seperti pada BIOS yang masih berupa tampilan DOS yang menyulitkan penggunaan awam.
Antarmuka yang ditampilkan antara lain tabel data yang berisi informasi platform, dan layanan boot dan runtime yang tersedia untuk loader OS dan OS.

Ini ada beberapa Kelebihan UEFI dibanding BIOS

  1. Memiliki kemampuan booting dari hardisk 2TB
  2. Memiliki Waktu Booting yang lebih cepat (menurut rumor dapat melakukan booting dalam hitungan detik)
  3. Fleksibel pra-OS lingkungan, termasuk kemampuan jaringan (memungkinkan kita melakukan browsing internet pada modus UEFI )
  4. Modular Design
Selain itu juga terdapat beberapa perangkat tambahan untuk BIOS PC :

*Advanced Configuration and Power Interface (ACPI)
*System Management BIOS (SMBIOS)

ini terdapat beberapa pertanyaan FAQ pada situs resmi yang membahas UEFI yang menurut saya perlu diketahui :

Pertanyaan: Bagaimana UEFI diimplementasikan pada sebuah sistem komputer?
jawaban: UEFI adalah suatu interface. Hal ini dapat diimplementasikan di atas BIOS tradisional (dalam hal ini digantikannya tradisional "INT" titik masuk ke BIOS) atau di atas non-BIOS implementasi.

Pertanyaan: Apakah UEFI sepenuhnya menggantikan BIOS PC?

jawaban: Tidak Sementara UEFI menggunakan antarmuka yang berbeda untuk "layanan boot" dan "layanan runtime", beberapa firmware platform yang harus melakukan fungsi BIOS menggunakan untuk konfigurasi sistem (alias "Power On Self Test" atau "POST") dan Setup. UEFI tidak menentukan bagaimana POST & Pemasangan dilaksanakan

Pertanyaan: Apa UEFI?

jawaban: UEFI (Extensible Firmware Interface Bersatu) akan merinci spesifikasi antarmuka yang membantu menyerahkan kontrol dari sistem untuk lingkungan pra-boot (yaitu: setelah sistem dinyalakan, tapi sebelum sistem operasi mulai) untuk mengoperasikan sistem, seperti Windows atau Linux . UEFI akan menyediakan antarmuka antara sistem operasi yang bersih dan firmware platform di saat boot, dan akan mendukung mekanisme arsitektur-independen untuk menginisialisasi add-in kartu.

Pertanyaan: Apakah BIOS? Apa yang dilakukannya?

jawaban: BIOS (Basic input output sistem) adalah program yang awalnya disusun untuk mendapatkan PC yang dimulai setelah power-on. BIOS juga mengelola pra-boot aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat yang terpasang seperti hard disk, video adapter, keyboard, dan mouse. Ketika BIOS dijalankan komputer Anda, pertama menentukan apakah semua lampiran tersebut pada tempatnya dan operasional dan kemudian menjalankan sistem operasi (atau bagian kunci dari itu) ke dalam memori komputer dari penyimpanan lokal (disket, hard disk, CD-ROM, USB) atau jaringan.


Sumber : EnterKey
>

4 komentar :