Senin, 28 Maret 2011

Konsep Membangun Object Oriented Software dengan Object Oriented Programming (Java) dan Object Database (DB4O) | OOP & OODMS

1 komentar

Sebelum saya menjelaskan apa itu object oriented software saya akan menjelaskan tentang Persistence Storage.

Apa itu Persistence Storage?

Dalam dunia bisnis sekarang ini permintaan software terhadap komputer semakin kompleks. Kalau kita lihat kebelakang, pada zaman dulu software komputer masih sangat sederhana. Misalnya saja program yang digunakan hanya untuk menghitung akar persamaan kuadrat, menghitung nilai logaritma, perkalian matriks dan sebagainya sehingga dengan cara menghidupkan komputer 7x24 jam sudah menjadi solusi dalam penyimpanan data. Karena pada zaman dulu software dalam sebuah hardware sangatlah tergantung kepada listrik. Bila listrik padam, maka apapun hasil yang telah dicapai oleh software tersebut beserta dengan software-nya sendiri akan hilang dari memori. Jadi apa si Persistence Storage ?

Seiring dengan kompleksnya software, terutama setelah komputer digunakan dalam dunia bisnis, cara yang disebutkan diatas tidak mungkin berhasil, sehingga orang merasa bahwa komputer harus dilengkapi dengan persistence storage untuk menyimpan data di luar memori yang tidak bergantung pada listrik. Pada awalnya persistence storage berwujud pita magnetis yang kemudian berkembang menjadi disket. Saat itu belum ada yang namanya hardisk, apalagi CD, DVD atau flashdisk. Jadi, persistence storage merupakan media penyimpanan pada komputer baik penyimpanan data maupun penyimpanan lainnya yang tetap eksis walaupun listrik padam.

Evolusi Orientasi Programming dan Data Model

Pada awal lahirnya persistence storage, data direpresentasikan secara logik pada persistence storage dalam bentuk hierarki atau network. Hierarki data model merepresentasikan data dalam bentuk tree, sedangkan network data model direpresentasikan data dalam bentuk network. Inilah yang disebut generasi database yang pertama. Singkat cerita muncul generasi database-database berikutnya.

Object Oriented Programming

Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
Pemrograman orientasi-objek menekankan konsep berikut:
  • kelas — kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.
  • Abstraksi - Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.
  • Enkapsulasi - Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi ijin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.
  • Polimorfisme melalui pengiriman pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesa tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan denganbahasa fungsional yang mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama.
  • Inheritas- Mengatur polimorfisme dan enkapsulasi dengan mengijinkan objek didefinisikan dan diciptakan dengan jenis khusus dari objek yang sudah ada - objek-objek ini dapat membagi (dan memperluas) perilaku mereka tanpa haru mengimplementasi ulang perilaku tersebut (bahasa berbasis-objek tidak selalu memiliki inheritas.)
  • Dengan menggunakan OOP maka dalam melakukan pemecahan suatu masalah kita tidak melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut. Sebagai contoh anggap kita memiliki sebuah departemen yang memiliki manager, sekretaris, petugas administrasi data dan lainnya. Misal manager tersebut ingin memperoleh data dari bag administrasi maka manager tersebut tidak harus mengambilnya langsung tetapi dapat menyuruh petugas bag administrasi untuk mengambilnya. Pada kasus tersebut seorang manager tidak harus mengetahui bagaimana cara mengambil data tersebut tetapi manager bisa mendapatkan data tersebut melalui objek petugas adminiistrasi. Jadi untuk menyelesaikan suatu masalah dengan kolaborasi antar objek-objek yang ada karena setiap objek memiliki deskripsi tugasnya sendiri.
Untuk saat ini penulis akan menjelaskan sampai Object Oriented Programming saja. Lain kali akan penulis lanjutkan untuk yang lainnya.

1 komentar :